Sejarah Panjang Messenger dari Telekomunikasi

7:48 AM Rolly Maulana Awangga 2 Comments


Telekomunikasi dari masa ke masa memang berkembang dengan sangat cepat dan bersifat eksponensial. Jika kita melirik ke masa lalu. Dulu orang berkomunikasi dengan menggunakan surat yang dikirim melalui kurir layaknya tukang pos pada zaman dahulu. Adalagi yang ingin cepat, melatih burung merpati untuk menyampaikan surat tersebut hingga ke tujuan dengan cepat dan mudah. Yang menjadi tantangan pada saat itu adalah, untuk melatih merpati dibutuhkan waktu dan tenaga yang harus ikut serta diperhintungkan walaupun nantinya hasilnya akan memuaskan.

Surat bisa sampai lebih cepat dan lebih aman daripada menggunakan kurim mengirimkan orang ke alamat tersebut bisa jadi terjadi banyak tantangan di tengah jalan jika menggunakan jasa orang atau kurir. Jaman terus berlalu kemudian listrik ditemukan. Di era listrik ditemukan inilah terjadi banyak sekali penemuan-penemuan alat yang mulai menggunakan sumber daya listrik. Sehingga muncullah peralatan komunikasi kabel yang pertama dengan menggunakan telegram. Telegram ini merupakan jalur tercepat mengirimkan pesan dengan perantara kawat yang dialiri arus listrik lemah.

Sehingga perlu banyak sekali tiang dan kabel yang harus dihubungkan pada awal investasinya agar setiap kota bisa terhubung dan berkomunikasi lewat telegram yang dikirim menggunakan morse ini. Semakin berlanjut maka kesini, kemudian ditemukan pengeras suara atau microphone kemudian telepon di temukan. Orang bisa terhubung dan menghubungi secara langsung dengan suara disini. Hingga sekarang telepon masih terus dipakai, hanya saja perantara media sudah bukan jaringan kabel tembaga lagi. Telepon sudah bisa dihantarkan melalui media Internet atau Voip. Dan setelah telepon tentu SMS berkembang juga bersamaan, dengan adanya Internet maka muncullah Messenger atau aplikasi berbasis pesan dengan menggunakan Internet.

Teknologi telekomunikasi jika dipandang dari jalur komunikasi terdapat dua jalur

Jalur Kabel 

Jalur kabel ini merupakan jalur yang paling pertama digunakan untuk melalukan telekomunikasi. Dari mulai telegram yang menggunakan kode morse hingga pada koneksi Fiber To The Home yang saat ini kita bisa menikmati koneksi internet cepat di rumah. Yang pada awalnya secara fisik menggunakan kawat tembaga dengan mengalirkan listrik kini mulai beralih ke serat fiber yang menggunakan cahaya dalam mengirimkan data. Tentu saja cahaya lebih cepat dan tanpa hambatan untuk menyampaikan data secara digital sehingga bisa memuat data yang lebih besar dan lebar dalam ukuran yang sama. Jalur komunikasi di dalam jaringan rumah kita juga dibagi dua jika menggunakan jalur kabel. Untuk komunikasi internet menggunakan kabel RJ-45 sedangkan untuk kabel telepon kita menggunakan kabel RJ-11. Dua teknologi ini menjadi satu padu dalam satu layanan.

Jalur Nirkabel

Kita mengenalnya sejak ditemukannya gelombang radio. Pertama kali militer menggunakan gelombang radio untuk komunikasi antara pangkalan militer dan pasukan di lapangan, kadangkala digunakan juga untuk mengirimkan misil dari pangkalan ke lokasi musuh. Kita mengenalnya juga dengan handy talky untuk yang digunakan secara portabel atau disebut sebagai radio HT. Untuk menambah jaraknya, maka kita harus meninggikan antena ke atas. Dan saat ini teknologi sudah sampai ke LTE untuk telekomunikasi dan WiFi untuk lingkungan rumah kita.

Tak hanya aplikasi pesan saja yang bisa dilakukan di internet, percakapan pun bisa dilakukan di aplikasi. Salah satu aplikasi yang bisa melakukan ini adalah Line. Line merupakan aplikasi di ponsel pintar dengan sejuta fitur yang ada didalamnya termasuk berkirim pesan dan telepon. Apalagi sekarang ada promo line Alfamart yang bisa kamu manfaatin. Promo line Alfamart ini memberikan kamu voucher belanja di alfamart jika kamu mengunduh aplikasi line. Tunggu apalagi mari kita mencobanya.

2 comments: