Sejarah Kebutuhan Harddisk

7:37 AM Rolly Maulana Awangga 3 Comments

Harddisk diambil dari Wikipedia

Harddisk merupakan salah satu kompenen terpenting dalam computer. Fungsi harddisk adalah untuk menyimpan data dari mulai internal system operasi itu sendiri sampai dengan data eksternal yang kita simpan pada computer kita. Harddisk memang dirancang dengan metode yang sama dengan cakram padat atau kita lebih suka menyebutkan CD. Di dalam harddisk ketika kita membuka dan membongkar isi dari dalamannya terdapat beberapa cakram padat yang disusun ke atas dengan header pembacanya. Kita pasti akan kaget dan terbelalak ternyata di dalam sebuah harddisk yang dibongkar di dalamnya terdapat cakram padat seperti CD yang biasa kita pakai.

Cara kerjanya pun sama dengan cakram padat atau CD. Mungkin CD sekarang sudah jarang, kita juga bisa mengumpamakannya dengan DVD. Sisi harddisk cara kerja mirip dengan Cakram Padat ini menulis dari dalam keluar. Sehingga banyak dari kita memang melihat spesifikasi dari harddisk berbasiskan cakram padat yang ada di pasaran dari dulu hingga sekarang terdapat RPM atau singkatan dari Rotation per Minutes. Artinya berapa rotasi dalam satu menit. Adanya satuan ini tentunya berasal dari adanya sesuatu yang didalmnya yang bisa berputar dengan sumbu poros di tengahnya. Ini memungkinkan apabila benda tersebut berbentuk lingkaran dengan sumbu putar poros tengah lingkaran tersebut.

Yang kita sering menyebutnya dengan istilah piringan. Konsep cakram ini memang meniru dan jaman dahulu menggunakan piringan hitam untuk menyimpan lagu-lagu dan memutarnya dengan meletakknya pembacanya dari tengah yang kemudian menuju ke pinggir. Konsep ini pula yang dipakai dalam perangkat Harddisk. Bedanya saat ini kapasitas harddisk mulai bervariasi, dari yang rendah dengan yang tinggi.

Jika kita melihat beberapa perangkat penyimpanan data di MatahariMall.com terdapat beberapa merek dan spesifikasi teknis diantaranya adalah :

Western Digital

Salah satu merek harddisk ini ada yang menyajikan kapasitas hingga 2 Tera Byte. Dengan sambungan antarmuka komunikasi menggunakan serial ATA yang didukung dengan kecepatan baca tulis sebesar 6Gbps. Artinya dalam satu detik dapat menulis atau membaca data sebesar 6 Giga.  Selain itu juga dilengkapi dengan cache data sebesar 64MB. Fungsi dari cache data sendiri adalah untuk menaruh data yang paling sering diakses oleh mesin atau aplikasi. Sebagai contoh menyimpan sebagian dari sistem operasi dan data harian kita yang sering dibuka di Microsoft Office dan perangkat lunak lainnya.

Seagate

Disini saya ambil contoh dari MatahariMall.com yang berukuran 320GB. Kapasitas yang cukup bagi pemakai komputer yang sedikit melakukan penyimpanan data. Hanya operasional pemakaian komputer tanpa mengunduh dan mengunggah data multimedia seperti film dan musik. Pemakaian ini cukup dengan kecepatan putaran disk sebesar 7200 RPM

Toshiba

Melihat di situs MatahariMall.com juga terdapat penawaran menarik dari merek Toshiba. Dengan harga 650.000 kita bisa mendapatkan harddisk sebesar 1 Tera Byte. Selain daripada ukurannya sebesar 2.5 inch. Didukung juga dengan garansi selama dua tahun.

Rata rata penggunaan kapasitas hardisk berada di kisaran 500GB, harga hardisk internal 500GB ini termasuk murah di pasaran karena permintaan lumanyan banyak. harga hardisk internal 500GB di MatahariMall.com dimulai dari 500 ribuan hingga lebih tergantung merek dan kecepatan baca tentunya. Kebutuhan 500 Giga bisa mencakup data system operasi dengan berbagai aplikasi perkantoran sudah cukup. Data-data aplikasi perkantoran seperti Microsoft Office dan lainnya sudah bisa termasuk di dalam harddisk seukuran ini.

3 comments: